Skip to main content

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis

Jika anda sudah bosan dengan interior rumah yang sepertinya ketinggalan jaman, maka anda bisa mencoba konsep minimalis. Sekarang jamannya Rumah Minimalis. Orang yang hendak membeli atau membangun rumah baru, biasanya akan memilih  model minimalis. Tapi jika rumah anda sudah terlanjur berdiri apakah harus dirombak agar bisa menjadi minimalis?

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis mewah

Tidak harus.

Jika anda bisa menangkap makna sesungguhnya dari konsep minimalis pada sebuah rumah maka anda tidak perlu latah ikut-ikutan bongkar rumah. Memangnya apakah yang dimaksud dengan rumah berkonsep minimalis itu?

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis sederhana

Pengertian konsep Rumah Minimalis

Minimalis adalah sebuah aliran dari gaya hidup yang lebih menekankan pada hal-hal yang esensial. Arsitektur Minimalis terilhami oleh gaya ini kemudian menerapkannya sebagai konsep desain. Rumah Minimalis adalah salah satu produk dari Aristektur Minimalis. Jadi Rumah Minimalis adalah rumah yang lebih menekankan pada hal-hal yang esensial dalam perencanaannya. Dalam prakteknya, agar bisa menghasilkan desain rumah yang berjiwa minimalis seorang arsitek akan berbenturan pada beberapa nilai. Mempertemukan esensialitas dan keindahan pada sebuah produk bukanlah hal yang mudah.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis terbaru

Keindahan dalam konteks tertentu adalah value yang mahal sementara esensialitas sangat menekankan pada kesederhanaan karena memangkas hal-hal yang tidak diperlukan. Disinilah letak menariknya dari konsep Rumah Minimalis yang dihasilkan. Sebuah rumah harus bisa memancarkan nilai keindahan dari kesederhanaan. Meskipun kesederhanan sebuah rumah adalah hasil dari pemangkasan komponen-komponen yang tidak diperlukan.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis terkini

Namun hasilnya bisa kita lihat sendiri. Sering kita dibuat takjub oleh keindahan sebuah rumah yang hanya berbentuk kotak sederhana. Dengan tangan dingin seorang aristek maka bentuk geomentis yang sederhana bisa membuat kita terpana. Manfaat rumah yang ditata secara minimalis, Konsep Rumah Minimalis menjadi solusi bagi anda yang lelah dengan situasi rumah yang berantakan.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis

Salah satu penyebab rumah sering berantakan adalah karena banyaknya barang yang bertumpuk dalam suatu ruangan. Biasanya barang-barang itu belum tentu benar-benar dibutuhkan. Seringnya tanpa sadar kita menaruh barang-barang itu di atas perabot yang juga tidak terlalu dibutuhkan. Jadinya terlalu banyak menumpuk barang dan perabot disebuah ruangan. Anda bisa cepat frustasi karena meskipun sering dibersihkan ruangan itu selalu saja berantakan.

Cara Menata Rumah minimalis 2019

Jika kita konsisten menjalankan konsep ini maka kita hanya akan menempatkan perabot dan barang-barang yang diperlukan saja. Rumah Minimalis juga berkesan bersih dan mudah dibersihkan. Sedikitnya barang di sebuah ruangan akan menjadikannya lega, memudahkan perawatan dan tentu saja bersih. Ruang yang sebenarnya sempit juga bisa berkesan luas berkat penerapan konsep minimalis. Sebaliknya sebuah ruang yang besar akan terasa sempit ketika terlalu banyak barang yang menumpuk didalamnya.

Cara Menata Rumah minimalis

Jadi semua manfaat Rumah Minimalis itu akan memberikan dampak psikologis yang baik bagi kita. Kita akan merasa lapang, nyaman, dan tidak frustasi saat melakukan pembersihan.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis 2019

Cara menata rumah dengan Konsep Minimalis

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, untuk bisa menerapkan konsep minimalis pada sebuah rumah, anda tidak harus melakukan perombakan besar-besaran. Kecuali anda sudah mempersiapkan dana khusus untuk itu. Mulailah dari perubahan mindset yang benar terlebih dahulu. Minimalisme adalah sebuah pola pikir. Penataan ruang anda akan tercapai keminimalismeannya apabila pola pikir anda sudah benar.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis idaman

Ingat, konsep Rumah Minimalis menekankan pada efisiensi dengan memprioritaskan komponen ruang yang esensial. Hal-hal lain yang tidak penting sebaiknya disingkirkan. Baik, berikut ini adalah langkah-langkah dalam menata Rumah Minimalis :

  • Sebelumnya anda akan memerlukan sebuah gudang penampungan sementara yang akan menerima barang-barang yang tereliminir dari ruangan lain.
  • Masing-masing ruang memiliki fungsi khusus seperti Ruang Tamu, Kamar Tidur dan ruang lainnya. Pastikan anda hanya akan menempatkan perabot yang sesuai dengan fungsi ruang itu. Perabot yang tidak sesuai dengan fungsi ruang harus anda singkirkan ke gudang.
  • Jika ada perabot lebih dari satu yang memiliki fungsi sama, cobalah pertimbangkan ulang, apakah hal itu memang benar-benar dibutuhkan. Jika masih bisa ditekan sebaiknya disingkirkan saja ke gudang.
  • Setelah jumlah dan jenis perabot terseleksi, kini saatnya anda melakukan sidak pada perabot yang terpilih. Anda harus memastikan bahwa pernak-pernik itu benar-benar anda perlukan saat ini. Jika tidak terlalu berguna sebaiknya disingkirkan ke gudang.
  • Setelah seleksi perabot dan isinya selesai, anda boleh juga berpikir untuk melakukan pengecatan dinding ulang. Ini jika memungkinkan. Pilihlah warna-warna monokromatis yang bersih, cerah dan teduh seperti putih, abu-abu muda atau krem. Tutupi semua perabot anda dengan koran atau plastik agar tidak ternoda selama proses pengecatan.
  • Pasang satu ornamen sebagai aksen di dinding. Ingat, satu saja! Tapi jika anda memaksa maka semakin sedikit akan semakin baik. Ornamen bisa berupa lukisan abstrak atau hiasan dinding yang lain. Pasang ornamen itu sebagai point of interest yang akan memperkuat kesan ruang.
  • Setelah semuanya beres, ini langkah terakhir. Sortir ulang barang-barang tereliminir yang ada di gudang. Pertimbangkan dengan matang barang mana yang perlu anda simpan atau disingkirkan. Anda bisa menjual barang-barang itu atau memberikannya kepada teman. Membuat gudang minimalis juga sebuah ide yang bagus.

Apa hal wajib yang harus dilakukan selanjutnya

Selamat, jika anda sudah berhasil menerapkan langkah-langkah diatas maka anda sudah tinggal di rumah berkonsep minimalis. Tapi perjalanan anda sebagai seorang minimalist belum berhenti sampai disini. Percuma saja upaya keras anda jika masih memiliki kebiasaan mengumpulkan atau membeli barang-barang yang tidak benar-benar diperlukan.

Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis impian

Seorang minimalist yang konsisten biasanya sudah cukup puas dengan apa yang dia miliki. Jika suatu saat dia membeli barang baru maka barang lama yang ada di rumah harus disingkirkan karena ada penggantinya. Menjadi pelaku konsep Rumah Minimalis memerlukan dedikasi. Ini bukan masalah pengiritan atau diet yang berlebihan. Ini adalah sebuah sikap hidup untuk memprioritaskan pada hal-hal yang esensial.

The post Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis appeared first on Desain Rumah Minimalis Terbaru 2019.



from Desain Rumah Minimalis Terbaru 2019 http://bit.ly/2Serwgi

Comments

Popular posts from this blog

50+ Desain Kitchen Set Minimalis Modern Terbaru 2019

Aneka Ide Desain Kitchen Set Minimalis Modern Sederhana Yang Cantik dan Indah, Sangat Pas Sebagai Referensi Konsep Desain Dapur Kesayangan Anda – Dapur merupakan tempat yang sangat penting untuk sebuah rumah. Salah satu yang wajib ada di dapur adalah kitchen set. Kitchen sendiri memiliki fungsi untuk tempat menyimpan hal yang berkaitan dengan peralatan dapur. Untuk Anda yang memiliki dapur yang luas tentu sangat mudah untuk memilih varian kitchen set. Namun untuk ruang dapur yang kecil Anda bisa menggunakan kitchen set minimalis . Untuk mendesain kitchen set yang minimalis terutama untuk ukuran dapur yang kecil mungkin sedikit sulit. Desain dari kitchen tersebut haruslah efisien dan sudah mencangkup semua dasar fungsi dari kitchen set. Namun kini sudah mulai banyak sekali ide-ide atau desain untuk Anda yang memiliki dapur kecil. Dengan begitu Anda tetap dapat memiliki kitchen set meskipun ukuran dapur yang cukup kecil. Keunggulan Kitchen Set Minimalis Desain Kitchen Set Aluminiu

How to Keep Your Home Safe in 3 Simple Steps

When it comes to security, there are a lot of things to think about. You want to make sure that your property is as safe as possible, and that means taking a variety of precautions. In this blog post, we will discuss three tips for making your property safe. Follow these tips and you can feel confident that your belongings are well-protected! Purchase Home Protection Plans One of the best ways to protect your property is to purchase home protection plans. These plans typically cover a wide range of potential problems, from fires to burglaries. By investing in a home protection plan, you can rest assured knowing that your property is covered in the event of an emergency. You can also get home warranty protection , which covers you in case of repairs or replacements that are needed for your home. Additionally, many home protection plans offer liability coverage, which can protect you in the event that someone is injured on your property. They are beneficial for giving you financial p

45+ Desain Wastafel Cuci Piring & Harga Rekomended 2020

Cantik! Inspirasi wastafel tempat cuci piring ini bakal bikin dapur kamu makin eye catching. Sebagai seorang manusia, hal apakah yang pertama kali Anda pikirkan dari dapur ? Di sini Anda akan menjawab tempat untuk memasak, tempat untuk menyiapkan makanan, dan juga tempat cuci piring.  Tepat sekali, dapur adalah salah satu komponen dari rumah yang memiliki peranan sangat penting. Karena sangat penting, dalam sebuah rumah wajib hukumnya untuk memiliki sebuah dapur. Apa jadinya jika di rumah tidak ada dapur.  Dari sebuah dapur, ada salah satu komponen yang sangat penting yang disebut dengan tempat cuci piring. Tempat mencuci piring ini tidak hanya digunakan untuk memberikan piring yang kotor saja. Namun, ia juga digunakan untuk membersihkan bahan makanan sebelum diolah.  Karena keberadaan dari tempat untuk mencuci piring ini sangat penting. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa inspirasi tempat cuci piring yang bisa Anda gunakan di rumah. mau tahu apa saja contohnya ? Yuk l